7 Obat Sakit Gigi Tradisional dari Bahan Alami

Sponsored Links


Inilah 7 obat sakit gigi tradisional dari bahan alami. Simak selengkapnya…

Sahabat, ketika ada keluarga yang sakit gigi ternyata tidak perlu langsung menggunakan obat kimiawi atau pergi ke dokter gigi, ada alternatif obat tradisional yang terbuat dari bahan alami yang cenderung aman.

Penyebab sakit gigi yang paling umum adalah terdapatnya bakteri pada gigi yang lama-kelamaan dapat membuat gigi berlubang. Tetapi dalam beberapa kasus sakit gigi tidak hanya terjadi akibat gigi mengalami masalah, tetapi gusi yang terinfeksi atau mengalami pembengkakan sehingga menghadirkan rasa nyeri pada rahang atau gigi.


Berikut ini beberapa bahan alami tradisional yang bisa dipergunakan untuk obat sakit gigi:

1. Daun Sirih dan Cengkeh

Cara pembuatan: Rebus kedua bahan, kemudian gunakan untuk berkumur beberapa kali. Jika merasa belum mampu membuat ramuan ini, obat kumur dari campuran cengkeh dan daun sirih ini bisa Anda beli di pasar.

2. Bawang putih


Cara pembuatan: Kupas kulit luar 1 siung bawang putih, setelah itu tumbuk hingga halus. Tempelkan tumbukan bawang putih pada bagian gigi luar yang sakit.
Cara ke-2: Cuci bawang putih dengan air hangat. Kunyah bawang putih mentah selama beberapa menit, kemudian buang dan bakteri penyebab sakit gigi akan mati.

3. Bunga matahari

Bahan: Bunga matahari (50 gram), jahe (5 gram), dan air jernih (600 cc).
Cara pembuatan: Jahe dan bunga matahari direbus dalam 600 cc air sampai mendidih dan air tersisa 300 cc. Saring air rebusan dan minum obat herbal sakit gigi ini selagi hangat.

4. Asam Jawa (penyembuh karang gigi)

Bahan: Biji asam jawa secukupnya.
Cara pembuatan: Goreng tanpa minyak (sangrai) biji asam jawa, sehabis itu ditumbuk sampai lembut. Masukkan biji asam jawa yang telah halus pada kain, kemudian gosok pada gigi yang berlubang.

5. Teh hangat tanpa gula

Cara pembuatan: Gunakan air teh untuk berkumur beberapa kali, kemudian biarkan 15 menit. Setelahnya letakkan kantung teh bekas pada gusi untuk meringankan peradangan.

6. Cabe Rawit merah atau hijau

Cara pembuatan: Tumbuk cabai rawit, kemudian seduh dalam air panas. Basuh kapas dengan air seduhan cabai rawit, kemudian tempel pada gigi yang sakit. Bisa juga untuk berkumur.

7. Sereh

Bahan: Sereh (40 gram), air matang (2 gelas).
Cara pembuatan: Rebus semua sereh dalam 2 gelas air sampai mendidih dan air berkurang satu gelas. Gunakan obat ini untuk berkumur setiap hari sampai sakit gigi hilang.

Semoga bermanfaat.


Sponsored Links
Tuliskan Pendapatmu Disini: