ASTAGFIRULLAH Karpet Anak Produksi China Ini Dapat Menimbulkan KANKER, Hati-Hati Para Bunda

Sponsored Links

ASTAGFIRULLAH Karpet Anak Produksi China Ini Dapat Menimbulkan KANKER, Hati-Hati Para Bunda - Pernah lihat alas bermain anak yang kaya gini? Eh, jangan-jangan ada di rumahmu. Emang sih ya, alas model ini harganya cukup terjangkau, ketimbang beli karpet Turki asli yang harus ngrogoh kocek jutaan rupiah ^_^ Yak, kamu betul kalau menyebut produk itu karpet eva.
Karpet Anak Produksi China Ini Dapat Menimbulkan KANKER
Karpet eva atau populer disebut evamat dibuat dari Ethylene-vinyl acetate (EVA) yang dikenal juga dengan nama poly(ethylene-vinyl acetate) (PEVA), apaan sih EVA? penjelasannya ada di sini.

Tapi, pernah berpikir ga kalau karpet ini aman atau berbahaya buat anak-anak?

Phoebe nemu sebuah sumber yang bisa dibaca di http://toxicfoammats.com/2012/05/14/the-latest-on-eva-foam-puzzle-mats-and-why-theyre-still-not-safe-for-your-baby/

Meski artikel ini udah ditulis tahun 2012, tapi di Indonesia baru dibahas tahun-tahun belakangan di grup emak-emak dan beberapa blog.

Yang melakukan test pada alas lantai Eva dan menjelaskan kandungannya bahwa ada yang berbahaya adalah OEKOtest, sebuah majalah khusus hak-hak konsumen di negeri Jerman. Tes dilakukan pada 15 karpet eva dari berbagai produsen tapi semuanya produksi dari china.

OEKOtest menjelaskan bahwa busa evamat mengandung formamide. Formamide adalah sejenis bahan kimia yang dapat menimbulkan kanker dan kalau mau tahu lebih jauh itu apa bisa dibaca di http://en.wikipedia.org/wiki/Formamide

Lebih jauh OEKOtest memberikan kesimpulan:

- Tidak ada evamat yang bebas dari formamide atau PAH (Polycyclic aromatic hydrocarbons)
- PAH yang dapat menyebabkan kanker sebenarnya dapat ditemukan di hampir semua karpet busa sejenis dalam takaran yang tidak aman bagi bayi dan anak.
- Meskipun PAH tidak berbau, tapi tetap keluar lewat udara. Menganginkan karpet tidak membawa perubahan. hal ini dijelaskan OEKO yang dibantu TUEV Rheinland LGA, bahwa mereka sudah me-angin-anginkan karpet eva dalam waktu yang lama dan hasilnya sama.
- Karpet eva (bagian kasarnya) dapat memancarkan listrik statis lebih dari 500volt. bahkan bagian bawah yang lapisan halus juga terdeteksi bisa lebih tinggi

Karpet jenis ini dilarang diperjualbelikan di Eropa khususnya Belgia dan Perancis pada tahun 2011 dan melunakkan regulasinya dengan memberikan batas kandungan formamide tidak lebih dari 200mg/kg hingga sekarang.

Sementara itu Australia melakukan tes sendiri dan menetapkan bahwa tidak ada bahaya kesehatan dari evamat, bisa dibaca sumbernya di http://www.productsafety.gov.au/content/index.phtml/itemId/989496

Perlu dicatat bahwa tidak ada larangan soal formamide di negara lain.

Lalu bagaimanakah di Indonesia? apakah ada regulasi soal penggunaan bahan kimia pada produk untuk bayi dan anak?

So apakah kalian akan tetap menggunakan evamat untuk kalian dan anak-anak kalian sendiri, keputusan ada di tangan kalian ya.

Phoebe tidak mengajurkan juga tidak melarang. Fakta dan link yang disajikan disini bisa dicek sendiri kebenarannya. Happy investigating...

JIKA ARTIKEL INI BERMANFAAT, SUDILAH KIRANYA BANTU SHARE AGAR YANG LAIN WASPADA... TERIMA KASIH

Sumber : http://www.phoebev.com/2015/05/alas-eva-yang-populer-dan-murah-apakah.html

Sponsored Links
Tuliskan Pendapatmu Disini: