7 Fakta Penting Tentang Kanker Payudara yang Harus Anda Ketahui!!

Sponsored Links


Untuk kaum wanita, jangan abaikan mengenai kanker payudara. penyakit kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum wanita. berikut adalah 7 fakta penting yang wajib anda ketahui seputar kanker payudara.


1. Kenapa kanker payudara mayoritas menyerang wanita?

Angka kejadian kanker payudara yang menyerang pria dan wanita adalah 1:100. Mayoritas menyerang wanita karena masalahnya lebih banyak ada pada hormon estrogen dan progesteron. Namun, bila menyerang pria, perjalanan penyakitnya menjadi lebih cepat. Hal ini disebabkan karena jaringan sekitar payudara pria tidak setebal wanita.

2. Normalkah bila ukuran payudara kanan dan kiri tidak sama?

Ukuran payudara ditentukan oleh seberapa banyak jaringan lemak yang dimiliki di payudara. Kebanyakan, bentuk payudara memang berbeda antara kiri dan kanan. Hanya kadar perbedaannya pada setiap orang tidak sama. Hal ini cukup normal. Tapi perlu diwaspadai jika Anda menemukan perubahan bentuk atau ukuran payudara yang radikal.

3. Rutin berolahraga dapat mengurangi risiko kanker payudara?

Olahraga selama empat jam setiap minggu bisa mengurangi risiko kanker sebesar 30%. Karena itu, American Cancer Society menganjurkan para wanita untuk berolahraga selama 45-60 menit setiap hari.

4. Mungkinkah kanker sembuh total?

Istilah ini kurang tepat. Akan lebih tepat bila memakai istilah 5 year survival rate (angka kelangsungan hidup dalam 5 tahun setelah didiagnosa kanker). Lamanya bergantung pada ciri-ciri tumor, ada-tidaknya penyebaran ke kelenjar getah bening, dan ada tidaknya 'anak sebar' yang biasa disebut stage TNM (tumor, node, metastasis).

5. Apakah tanda-tanda kanker payudara?

Tak hanya untuk kanker payudara, Yayasan Kanker Indonesia telah memberikan pedoman mendeteksi kanker yang disebut WASPADA. W (waktu buang air kecil: adakah gangguang atau perubahan kebiasaan?), A (alat cerna terganggu atau sukar menelan), S (suara serak atau batuk yang tak kunjung sembuh), P (payudara atau bagian lain memperlihatkan benjolan), A (andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifat, makin besar atau gatal), D (darah atau lendir yang tidak normal yang keluar dari tubuh), A (adanya luka yang tak mau sembuh).

6. Mengapa payudara terasa sakit saat menstruasi?

Payudara wanita merupakan organ seksual sekunder yang dipengaruhi oleh hormon estrogen. Ketika menstruasi, secara hormonal menjadi tidak seimbang yang membuat payudara akan terasa penuh, mengeras, atau membesar, dan terasa nyeri bila disentuh.

7. Menyusui bisa mengurangi risiko kanker payudara?

Beberapa penelitian menyebutkan, menyusui bayi selama 27-52 minggu dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Semoga bermanfaat.

Sponsored Links
Tuliskan Pendapatmu Disini: