70 Fakta Luar Biasa Seputar Otak Bayi yang Harus Kamu Ketahui

Sponsored Links


Otak bayi pada masa golden age (tiga tahun pertama) berkembang sangat pesat. Bagaimana otak bayi berkembang selama masa emasnya ini? Simak 70 fakta berikut ini!


  1. Jika neuron-neuron otak yang terkait dengan penglihatan dan motorik bayi tidak dilatih sejak dini, saat dewasa neuron-neuron tersebut akan kurang fleksibel ketika dihubungkan untuk berbagai pengalaman.
  2. Ketika anak memperhatikan lagu dalam nada tinggi, bahasa dnegan naik turun yang disebut “parentese” mereka akan belajar akan pentingnya kata-kata.
  3. Sentuhan menstimulasi otak untuk mengeluarkan hormon-hormon penting yang mendukung pertumbuhan sikecil. Cinta adalah kunci hubungan kuat antara orang tua dan anak. Namun, ekspresi cinta mempengaruhi otak anak dalam membentuk koneksi atau hubungan.
  4. Paparan bayi terhadap musik memperngaruhi kemampuan penalaran jarak dan waktu seperti kemampun untuk melihat gambar acak dan menyusunnya dalam pikiran. Penalaran seperti ini mendasari matematika, teknik, dan disiplin ilmu lainnya.
  5. Bercerta untuk anak akan membantu pertumbuhan otaknya dan mendorongnya untuk menghubungkan buku dengan hal lain yang sangat ia sukai, yaitu suara dan kedekatannya dengan kita.
  6. Nada dan ekspresi wajah dapat dimengerti lebih dulu dibanding kata-kata. Pembelajaran emosi terkait dengan semua wilayah pembelajaran.
  7. Supaya otak dapat tumbuh dan berkembang, anak perlu dicintai, digendong, diajak bicara dan dibiarkan bereksplorasi.
  8. Interaksi positif dengan orang dewasa yang penuh perhatian dapat menstimulasi otak anak dan menyebabkan sinaps-sinaps tumbuh dan jaringan hubungan yang sudah diperkuat.
  9. Anak yang diasuh oleh orang dewasa yang penuh kasih sayang, konsisten dan sensitif akan memiliki kemampuan sosial dan kognitif yang lebih baik dimasa kanak-kanak dibandingkan anak yang tumbuh tampa pendamping yang demikian.
  10. Berbicara pada anak dapat menambah perbendaharaan akata baru yang akan ia kenali dan pahami nantinya. Si anak juga akan belajar lebih baik jika diajak bicara dengan suara naik turun.
  11. Latihan otakkecil menstimulasi pertumbuhan otak. Para ilmuwan telah membuktikan efek gerakan jari dan tangan pada otak.
  12. Kestabilan emosi sangat dipengaruhi oleh perkembangan otak pada dua tahun pertama kehidupan seseorang.
  13. Riset menunjukkan bahwa pengalaman panca indra dan interaksi sosial dengan orang dewasa yang mendukung dapat mengasah kemampuan berfikirnya.
  14. Otak anak berkembang dengan adanya umpan balik dari lingkugan. Otak mengubungkan sel-selnya dalam organ berfikir dan emosi berdasarkan pengalamannya.
  15. Semakin dini anak diperkenalkan pada musi, semakin besar potensinya untuk belajar dan mencintai musik.
  16. Membacakan cerita pada anak dapat merangsang imajenasi dan memperkaya pemahaman mereka tentang dunia. Aktivitas ini juga mengasah kemampuan membaca dan mendengar serta menyiapkan mereka untuk memahami kata-kata tertulis.
  17. Bicaralah secara perlahan dengan suara yang jelas supaya adak dapat membedakan setiap kata. Menekankan atau mengulang setiap kata juga sangat membantu.
  18. Ikatan yang kuat dan kokoh dengan pengasuh (ikatan batin) bisa berfungsi protektf, membantu anak yang sedang tumbuh untuk menghadapi stres dikehidupan sehari-hari.
  19. Mendengarkan berbagai jenis stimulus musik dan suara akan merangsang dan mengembangkan kemampuan mendengarkan pada tahun-tahun awal masa perkembangan anak.
  20. Membantu otak anak agar tumbuh berarti menciptakan lingkungan yang kaya dan menstimulasi, baik secara emosional maupun intelektual.
  21. Saat anak mendengarkan bunyi dari satu bahasa, sambungan neuron terbentuk diotak dan membuat anak dapat membangun kosakata daru satu bahasa.
  22. Kapasitas otak untuk menyimpan informasi tak terbatas. Setiap waktu, otak memproses informasi baru, melalui perubahan fisika dan kimia yang membentuk jaringan neuron.
  23. Pengalaman panca indra dan interaksi sosial dengan orang tua yang mendukung akan mengasah kemampuan berfikir anak.
  24. Berlatih akan membentuk dan memperkuat jembatan-jembatan neuron yang penting untuk perkembangan akademisnya ditahap hidup berikutnya.
  25. Mengajarkan konsep seperti atas bawah akan memelihara jaringan hubungan yang mengembangkan kapasitas otak.
  26. Pengalaman anak diusia batita mempunyai pengaruh besar dan secara fisik menentukan bagaimana sirkuit neuron otak yang kompleks dihubungkan.
  27. Otak anak tumbuh begitu luar biasa di tahun-tahun awal hidupnya, membuka jendela kesempatan untuk belajat yang hanya terjadi sekali seumur hidup.
  28. Anak-anak mempelajari bahasa dari kata-kata yang diulang. Karenanya, semakin awal kita berbicara kepadanya akan semakin baik.
  29. Ketikan anak tumbuh dilingkungan yang mendukung di awal kehidupannya, mereka akan memiliki angka IQ yang lebih tinggi dan lebih mudah beradaptasi disekolah.
  30. Pada usia batita, otak dapat menguasai begitu banyak aktivitas dengan mudah. Tidak akan ada lagi momen saat pengalaman mempengaruhi kita dengan begitu dalamnya.
  31. Saat mendengarkan musik klasik, anak-anak memperkuat sirkuit otak yang berguna untuk matematika. Mendengarkan musik juga meningkatkan pola inheren otak yang berguna untuk tugas berfikir kompleks.
  32. Kosakata yang dimiliki orang dewasa sangat dipengaruhi oleh kata-kata yang ia dengar ditiga tahun pertamanya.
  33. Sangatlah penting untuk mendengarkan, melihat dan mengenalkan kata-kata pada anak-anak serta membuat mereka merasa bahwa pikiran dan kata-kata mereka juga diperhatikan.
  34. Para ilmuwan menentukan bahwa anak-anak mengembangkan kecenderungan yang jelas pada kata dengan penekanan pada suku kata pertama.
  35. Sejak bayi dilahirkan, setiap pengalaman membangun jaringan hubungan neuron yang membimbing perkembangannya.
  36. Dengan memberikan perhatian yang hangat dan responsif kita akan memperkuat sistem biologis yang membantu anak mengendalikan emosi.
  37. Sebelum mampu memahami bahasa, anak dapat memahami musik. Pengalaman musi di usia dini meningkatkan dan mengembangkan penalaran terhadap jarak dan waktu serta pembelajaran konsep matematis.
  38. Potensi si anak ditentukan pada awal kehidupannya, yaitu sejak lahir hingga usia tiga tahun. Pada tahun-tahun inilah kita menciptakan masa depan anak.
  39. Saat anak-anak menerima perhatian yang hangat dan responsif, mereka cenderung merasa lebih aman dan nyaman untuk membangun ikatan batin dengan orang lain.
  40. Sejal anak lahir hingga usia tiga tahun, triliunan jaringan hubungan terbentuk. Menurut para ilmuwan, pertumbuhan otak pada usia dini memang tak tertandingi.
  41. Semakin banyak kata yang didengar anak, semakin cepat ia belajar bahasa. Bunyi kata menciptakan sirkuit neuron yang penting untuk perkembangan kemampuan berbahasa anak.
  42. Otak anak tumbuh melalui pengalaman dan ikatan batin, dua komponen penting untuk perkembangan anak.
  43. Pengalaman musik sangat penting untuk kemahiran berbicara, perkembangan motorik dan integrasi indranya.
  44. Memecahkan masalah merupakan cara baru untuk belajar. Cara ini membentuk sinaps-sinaps baru dengan mengaktifkan unsur kimia yang mendukung jaringan otak.
  45. Semakin orang dewasa menyanyi atau memainkan melodi dan isntrumen, semakin sering otak membentuk sirkuit dan pola neuron.
  46. Ikatan batin yang anda bangun dengan anak berpengaruh terhadap kemampuan belajarnya dimasa mendatang.
  47. Studi mengenai otak mengindikasikan bahwa orang tua dan pendidik memiliki kesempatan emas untuk mengembangkan otak anak. Ini berarti memberikan lingkungan yang kaya tanpa tekanan akademis.
  48. Pengalaman dan interaksi awal yang positif berpengaruh pada perkembangan emosional anak.
  49. Memori adalah pengetahuan yang tidak hilang atau tetap bertahan. Saat proses beljar terjadi, sinaps baru akan terbentuk dan sinaps lama akan diperkuat.
  50. Fleksibilitas otak atau kemampuannya untuk menghubungkan diri membuat anak mudah belajar berbahasa. Semakin banyak kata-kata yang didengar anak, semakin banyak otak membentuk jaringan hubungan.
  51. Otak adalah mesing penghubung. Otak terus meners mencari untuk menghubungkan sesuatu dengan penglihatan, penciuman, suara dan tempat. Lalu otak akan menggunakan aosiasi tersebut untuk memahami dunia.
  52. Anak-anak membentuk memori yng lebih siap jika suatu peristiwa mempunyai komponen emosi didalamnya.
  53. Saat mengekspresikan emosi yang berbeda, kita menstimulasi otak. Emosi menyebabkan dilepasnya zat-zat kimia yang membantu otak mengingat perasaan yang berbeda-beda dan peritiwa yang berkaitan dengan perasaan tersebut.
  54. Saat anak berusia tiga tahun, otaknya lebih aktif dibandingkan dengan mahasiswa.
  55. Sejak kelahiran, otak sudah mulai menghubungkan brmilyar-milyar sel hingga lebih dari 15.000 jaringan hubungan (sinaps) per sel. Sinaps-sinaps ini membentuk peta fisik otak yang memungkinkan proses belajar terjadi.
  56. Ikatan batin antara anak-anak dan orang tua atau pengasuhnya terhubung secara biologis untuk membentuk ikatan emosional yang dekat.
  57. Otak manusia tersusun dengan unik untuk mengambil manfaat dari pengalaman hangat dan penuh cinta, serta ajaran yang baik, terutama awal-awal tahun kehidupannya.
  58. Kata-kata harus datang dari orang tua atau pengasuh yang berbicara dengan cinta serta makna pada suaranya, bukan dari televisi atau radio.
  59. Sel-sel otak diaktifkan jaringan hubungan baru terbentuk, dan jaringan hubungan yang sudah ada diperkuat oleh pengalaman dengan cerita-cerita.
  60. Pengalaman sangat berarti untuk membentuk kosakata pada usia batita. Besarnya kosakata sangat berkaitan dengan seberapa sering orang tua atau pengasuh berbicara dengan anak.
  61. Inteaksi sehari-hari dan hangat seerti memeluk dan bernyanyi akan mempersiapkan anak untuk belajar sepanjang hidupnya.
  62. Berbicara kepada anak adalah cara paling baik untuk mengembangkan kemampuan berbahasanya dimasa mendatang.
  63. Keahlian motorik kasar, motorik halus, kemampuan berfikir dipelajari melalui bermain. Saat ia mengerti, wajahnya akan bersinar. Itulah inti dari permainan anak, yakni mencoba berbagai macam hal untuk mengetahui apa yang berfungsi apa yang tidak.
  64. Pada usia batita, otak dapt menguasai berbagai aktivitas dengan mudah.
  65. Musik mengoptimalkan perkembangan otak, memacu kecerdasan majemuk dan menciptakan ikatan batin antara rang dewasa dan anak.
  66. Jumlah jaringan konksi otak meningkat saat anak tumbuh dalam lingkungan yang kaya rangsangan.
  67. Pengalaman musikal megintegrasikan bermacam-macam kemampuan secara bersamaan, karenanya membangun jaringan koneksi otak yang berlipat ganda.
  68. Anak-anak belajar bahasa dengan mendengarkan kata yang diulangi. Bahasa adalah kemahiran yang penting karena merupakan sistem komunikasi yang utama.
  69. Selama periode kritis belajar atau jendela kesempatan terbuka, jalur-jalur di otak tumbuh dan membentuk fondasi bagi ketrampilan masa mendatang.
  70. Kemampuan motorik kasar dan motorik halus berkembang secara terpisah dan tidak bergantung satu sama lainya.
Demikian 70 fakta ta bayi yang bisa menjadi pegangan anda dalam merangsang tumbuh kembang otak bayi anda. Semoga bermanfaat :-)

Sponsored Links
Tuliskan Pendapatmu Disini: